Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut

Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut - Hallo sahabat Informasi Berita Sehat Terupdate, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahaya, Artikel Lifestyle, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut
link : Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut

Baca juga


Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut

Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut

Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut - Hitam tidak lagi identik dengan warna rambut. Saat ini kaum wanita semakin suka mengecat rambut dengan bermacam warna.

Selain tampak indah, ganti warna rambut membuat muka jadi lebih cerah sehingga terlihat cantik berseri-seri. Tetapi dibalik keindahan warna rambut itu, Anda juga harus tahu kandungan bahan kimia dalam cat rambut yang bisa membahayakan kesehatan.

Ada beberapa jenis cat rambut yaitu :

1. Permanen
Gabungan hidrogen peroksida serta senyawa paling utama yang lain (1, 4-diaminobenzena atau 4-aminofenol) yang terdapat dalam catvrambut permanen ini bisa memudarkan warna asli rambut. Sesaat amonia berperan buka pori-pori rambut sehingga warna dapat menempel serta mempercepat reaksi pewarnaan pada rambut.

2. Semi permanen
Cat rambut ini mempunyai kandungan hidrogen peroksida atau amonia dalam konsentrasi yang lebih sedikit daripada cat rambut permanen.

3. Temporer
Adalah cat rambut yang umumnya dipakai untuk acara-acara spesial, yang mengharuskan rambut diwarnai saat itu juga.

Jalinan pada cat rambut serta kanker pada manusia memanglah belum 100 % dapat dibuktikan. Tetapi riset yang dikerjakan pada hewan menunjukkan bahan kimia pada cat rambut dapat mengakibatkan kanker.

Pada beberapa orang, cat rambut dapat mengakibatkan alergi dari ringan sampai kronis. Masalah alergi manusia pada cat rambut dikarenakan oleh bahan kimia yang bernama PPD. Lebih dari 70 % produk cat rambut yang beredar memiliki kandungan PPD, termasuk juga merek-merek terkenal.

Alergi pada PPD menyebabkan nyeri pada sekitar garis rambut atau di wajah. Efek umum yang terlihat yaitu pembengkakan yang berlangsung di wajah.

Bila Anda memang termasuk juga orang yang suka ganti-ganti cat rambut, sebaiknya lebih cermat membaca petunjuk penggunaan yang tercantum pada paket cat rambut. Yakinkan juga menggunakan produk yang telah tercatat di BPOM RI.

Janganlah lupa untuk lakukan tes alergi sebelum lakukan pengecatan. Jauhi juga mencampurkan dua produk cat rambut sekaligus, karena bisa mengakibatkan kerusakan rambut serta kulit kepala.

Jagalah tangan Anda dengan kenakan sarung tangan waktu mengecat rambut. Janganlah juga membiarkan cat rambut terlalu lama, karena malah punya potensi membahayakan diri Anda. Diamkan cat rambut sesuai aturan, kemudian segera dibasuh, sampai tak menempel pada rambut atau kulit kepala.

Jauhi memberi warna alis atau bulu mata Anda karena dapat meningkatkan resiko infeksi pada mata, bahkan juga kebutaan. Disarankan supaya Anda lebih pilih warna cat rambut yang terang, karena cat rambut dengan warna gelap memiliki kandungan bahan kimia semakin banyak.

Teknik bleaching tidak dianjurkan, karena dapat selain merubah pigmen asli rambut, juga bikin rambut jadi rapuh.

Jadi, berhati-hatilah pilih warna rambut dan lakukan teknik pengecatan untuk menjauhi resiko kesehatan yang merugikan Anda.


Demikianlah Artikel Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut

Sekianlah artikel Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut dengan alamat link https://kucobasehat.blogspot.com/2015/05/waspadai-bahan-kimia-pada-cat-rambut.html
Tag : Bahaya, Lifestyle
0 Komentar untuk "Waspadai Bahan Kimia Pada Cat Rambut"

Back To Top