Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan

Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan - Hallo sahabat Informasi Berita Sehat Terupdate, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengobatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan
link : Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan

Baca juga


Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan

Keracunan makanan kerap kali terjadi pada setiap orang. Biasanya seseorang bisa keracunan makanan disebabkan karena tidak mengetahui secara pasti apa kandungan yang terdapat dari makanan yang sedang dimakan tersebut.

Bila sudah terjadi keracunan makanan, korban harus segera mendapatkan pertolongan medis karena resiko bila dibiarkan berlama-lama dapat beresiko menyebabkan kematian. Inilah yang paling ditakuti jika mengalami keracunan makanan. 

Dari pengalaman itulah, kami akan berbagi tips bagaimana pertolongan pertama untuk seseorang yang mengalami keracunan makanan sebelum mendapatkan pertolongan medis yang dibutuhkan. Silahkan simak selengkapnya dibawah ini :

Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makana
Ilustrasi keracunan makanan � Shutterstock

5 Tips Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan

1. Bila korban mengalami keracunan makanan banyak muntah dan diare, segera berikan cairan pengganti yang cukup untuk mengganti cairan yang hilan setelah muntah dan diare. Air putih dan oralit adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang kekurangan cairan. Atau juga anda bisa mencampurkan air putih dan gula 2 sendok teh atau juga menggunakan air kelapa yang dapat diminum secara langsung.

2. Berikan tablet karbon aktif untuk menyerap racun didalam saluran pencernaan yang diminum dengan air putih. Tablet karbon aktif dapat anda temukan ditoko obat atau apotik terdekat. Karbon aktif dijual di pasaran dalam bentuk pil biasanya bernama norit.

3. Bila, ternyata kebetulan anda lupa membeli tablet karbon aktif atau sedang kehabisan, anda bisa menggunakan air susu. Berikan langsung ke penderita keracunan makanan dengan segelas air susu hangat. Fungsi susu disini adalah dapat mengikat racun dalam saluran pencernaan dan merangsang penderita untuk muntah sehingga racun yang ada didalam tubuh bisa keluar. Catatan : jika penderita mengalami diare jangan diberikan susu, karena tidak cocok. Lebih baik diberikan oralit saja.

4. Bila penderita keracunan makanan hendak muntah, usahakan agar posisi kepala dalam keadaan menunduk agar lebih memudahkan dalam proses muntahnya tersebut. Dan tidak menyumbat pernapasan dipenderita tersebut.

5. Jika yang mengalami adalah anak-anak lebih baik langsung dibawa keposko kesehatan terdekat. Namun jika dirasa cukup jauh, anda bisa berikan cairan oralit jika muntah-muntah. Ada berikan air susu. Sebaiknya takarannya setengah saja dari orang dewasa.

Nah itu dia tips-tips pertolongan pertama saat keracunan makanan. Yang pastinya sebelum anda mengalami keracunan makanan lebih baik mencegahnya dengan memperhatikan kebersihan tangan, dan makanan yang akan kita makan. Usahakan untuk makan dirumah saja, dan tidak makan disembarangan tempat yang tidak terjaga kebersihan makanannya.


Demikianlah Artikel Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan

Sekianlah artikel Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan dengan alamat link https://kucobasehat.blogspot.com/2016/08/sebarkan-ini-dia-pertolongan-pertama.html
Tag : Pengobatan
0 Komentar untuk "Sebarkan! Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan"

Back To Top